MAKNA HUT KE-17 DESA PENDUA oleh Kepala Desa Pendua

admin 01 April 2020 19:43:37 WIB

Assalamu’alaikum wr.wb.

Bapak, ibu dan saudara-saudara masyarakat Desa Pendua yang kami hormati.
Dengan senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia-Nya, hari ini kita masih dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu dalam lindungan-Nya dari ancaman wabah virus yang melanda negeri bahkan dunia saat ini. Untuk kedua kalinya ijinkan kami sekali lagi untuk menyampaikan ucapan HUT Desa Pendua ke-17 ini sebagai ungkapan syukur agar kita semua dapat mengambil makna dan arti penting bagi kelahiran desa Pendua. Selanjutnya perkenankan saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, Ketua dan anggota BPD, Aparatur Pemerintah Desa, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta seluruh elemen masyarakat Desa Pendua yang telah berkontribusi dalam menciptakan suasana kondusif di bumi Lampak Lempek. Karena dalam suasana yang tenteram, aman, nyaman dan damai inilah kita dapat melaksanakan tahapan pembangunan desa kita dengan sebaik-baiknya.

Peringatan HUT Desa dapat dijadikan sebagai momentum penting bagi jajaran aparatur Pemerintah Desa dan seluruh masyarakat untuk melakukan refleksi dan renungan betapa setiap waktu berganti dengan penuh perjuangan, kerja keras dan penuh dengan semangat pengabdian demi mewujudkan cita-cita menjadikan kehidupan dan masa depan masyarakat Desa Pendua yang lebih baik.

Seiring dengan bergantinya waktu, hari, bulan dan bergantinya tahun, tidak terasa pada hari ini, 1 April 2020 Desa Pendua tepat berusia tujuh belas tahun. Tujuh belas tahun adalah usia yang masih sangat muda, usia yang dipandang sebagai masa peralihan dari usia remaja beranjak menuju usia dewasa. Sebuah desa yang pada awal kelahirannya adalah desa yang penuh dengan berbagai keterbatasan. Sebuah desa yang pada mulanya terletak di bagian paling pinggir sebelah barat sebagai bagian dari Desa Sesait. Jarak yang cukup jauh dari Pusat Pemerintahan dan luasnya wilayah Desa Sesait pada masa itu telah berdampak pada keterjangkauan pelayanan publik yang tidak maksimal dan pembangunan yang tidak merata. Keadaan inilah yang menggugah keinginan para tokoh bersama seluruh masyarakat untuk melakukan pemekaran dari Desa Sesait. Setelah melalui proses yang cukup panjang dan melewati masa persiapan selama dua tahun, akhirnya Pendua secara resmi menjadi Desa Devinitif berdasarkan Peraturan Bupati Lombok Barat, tanggal 01 April 2003, yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari lahir Desa Pendua.

Kini Desa Pendua telah tumbuh laksana gadis remaja yang banyak menarik perhatian, namanya mulai dikenal oleh banyak kalangan lewat karya-karya dan prestasi warga desa dan para pemudanya. Dalam konteks Desa Pendua yang telah tumbuh inilah, maka peringatan Hari Ulang Tahun ke-17 inilah menjadi sangat bermakna.
Peringatan HUT dapat bermakna sebagai upaya untuk menengok masa lalu sebagai rangkaian sejarah yang dapat bernilai sebagai pondasi dan referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan. Peringatan HUT juga dapat dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri, agar dalam setiap fase perjalanan selalu dapat memberikan makna dan mampu memberikan jawaban atas berbagai persoalan kekinian dan responsif terhadap berbagai tangtangan ke depan. Demikian pula, Peringatan HUT bisa bermakna sebagai upaya untuk merancang sebuah formula masa depan yang berlandaskan pada realita dan dinamika masa kini tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa sejarah di masa lalu.

Sebagai masyarakat Desa Pendua, kita wajib bersyukur dengan menjadikan kelahiran Desa Pendua sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjalanan kehidupan Desa ini dengan karya-karya, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.
Begitu juga sebagai generasi penerus, mari kita jadikan rangkaian sejarah sebagai rangkaian peristiwa yang penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah perjalanan pemerintahan dan pembangunan Desa Pendua selama ini, kita dapat memetik pelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai dengan era dan zamannya.

Dengan memaknai rangkaian sejarah dan mengambil pelajaran dari perjalanan Desa Pendua, maka hendaknya rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Desa Pendua selalu tertanam dalam dada dan tercermin dalam sikap setiap diri pribadi masyarakat Desa Pendua. Rasa cinta dan bangga terhadap Desa ini harus terwujud dalam bentuk karya nyata sebagai buah hasil dari kerja sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing.

Spirit inilah yang menjadi dasar sehingga Pemerintah Desa Pendua menjadikan “BERKARYA BERSAMA, BERSAMA DALAM KARYA” sebagai tema Peringatan HUT ke-17 tahun 2020 ini. Tema ini hendaknya dapat menginspirasi seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengukir karya melalui kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas dalam rangka meraih kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Demikianlah, diantara beberapa makna yang dapat kita ambil dari Peringatan HUT Desa Pendua ke-17 tahun ini. Perlu juga kami sampaikan bahwa dalam perjalanan pemerintahan dan pembangunan sampai dengan saat ini, Desa Pendua telah mengalami peningkatan perkembangan walau memang kita juga akui masih banyak kekurangan, keterbatasan dan berbagai permasalahan yang secara lansung maupun tidak lansung berpengaruh terhadap dinamika kehidupan masyarakat di Desa Pendua. Sekali lagi, kepada semua pihak kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus atas dorongan semangat, koreksi dan kritik yang membangun, serta partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat kepada kami dalam mengemban amanat dan menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan selama ini.

Akhirnya marilah kita memohon kepada Allah SWT kiranya berkenan memberikan kesehatan dan kekuatan lahir dan bathin kepada kita semua serta membimbing cita-cita luhur masyarakat Desa Pendua menuju masa depan yang lebih maju dan lebih sejahtera. Aamiin. Terima kasih atas segala perhatian.

DIRGAHAYU DESA PENDUA KE-17 TAHUN 2020.

#BERKARABERSAMA, BERSAMA DALAM KARYA.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

teks berjalan

Welcome
Welcome
Welcome

Background Fullscreen dengan CSS

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar