Bhabinkamtibmas Bisa Bertindak Jika Temukan Korupsi Dana Desa

admin 12 November 2017 16:18:40 WIB

 

kicknews.today – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD-Dukcapil) Provinsi NTB, DR. H. Azhari, menyampaikan, saat sudah bekerjasama dengan Institusi Kepolisian dalam hal mengawasi arah penggunaan Dana Desa (DD). Sebagai langkah teknis, Jumat (10/11) kemarin pihaknya mengundang  Babinkamtibmas untuk pelatihan peningkatan kapasitas dalam upaya pengawasan, pencegahan dan penyelesaian permasalahan DD.

“Kita sudah undang mereka berikan pelatihan khusus bagaimana cara pengawasan, pencegahan dan menyelesaikan ketika ada permasalahan Dana Desa, ” ungkapnya, Jumat (10/11).

 Dia menjelaskan, tugas Babinkamtibmas yakni mendampingi, mengawasi dan menyelesaikan permasalahan, namun tidak ikut dalam proyek. Karena, pada dasarnya, tugas tersebut tidak jauh beda dengan Pendamping Lokal Desa (PLD) yakni memberikan masukan supaya Pemerintah Desa bekerja sesuai aturan.

“Bukan intervensi dalam arti mengatur proyek pekerjaan pembangunan di desa bersangkutan, ” kata dia.

Ditanya ketika ada dugaan atau indikasi korupsi,  yang pertama dilakukan, tugas polisi adalah mengingatkan pemerintah desa. Dia menambahkan, jika pada akhirnya ditemukan pelanggaran aturan penggunaan DD, maka harus diproses hukum. “Dalam hal ini Babinkamtibmas menggunakan langkah terakhir yakni proses hukum kepala desa bersangkuta. Namun, perlu di ingat bahwa Babinkamtibmas tidak boleh juga mencari kesalahan,” paparnya.

Azhari berharap, dengan adanya Babinkamtibmas melekat di desa, tidak ada lagi kesalahan atau pelanggaran hukum dilakukan pemerintah desa terutama kepala desa. Karena, akhir-akhir ini, banyak sekali kepala desa tersangkut kasus. Contoh, di Lombok Tengah saja, ada enam kepala desa terancam dipecat lantaran berurusan dengan hukum.

“Ada yang tersangka, malah terdakwa,” ungkapnya. (prm)

Sumber : https://kicknews.today/2017/11/10/bhabinkamtibmas-bisa-bertindak-jika-temukan-korupsi-dana-desa/

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar