PEMERINTAH DESA PENDUA GELAR MUSYAWARAH PENYUSUNAN RKP DESA TAHUN 2018

admin 26 September 2017 13:46:51 WIB

Pendua - Berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa, Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

Untuk melaksanakan ketentuan tersebut, Pemerintah Desa Pendua menggelar Musyawarah Desa penyusunan RKP Desa Tahun 2018, Senin, (25/09/2017) bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Pendua.

Acara tersebut diikuti lebih dari 100 orang peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Desa, BPD, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Pengurus PKK, Perwakilan Kader Posyandu, Ketua RT, Perwakilan Kelompok-kelompok Tani dan Ternak, Tokoh-tokoh Agama dan Masyarakat, dan perwakilan pemuda Karang Taruna. Selain itu, turut juga perwakilan dari Kecamatan Kayangan, Tenaga Ahli Pemerintah Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, Bidan Desa serta Babinkamtibmas Desa Pendua.

Kepala Desa Pendua, Agus Salim dalam sambutannya saat membuka acara Musdes mengatakan "RKP Desa merupakan satu-satunya dokumen perencanaan pembangunan yang ditetapkan dengan Peraturan Desa yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan pembangunan bagi Pemerintah Desa dan selanjutnya sebagai dasar penyusunan APB Desa tahun anggaran bersangkutan. Untuk itu, dalam menyusun program pembangunan dalam RKP Desa 2018 harus didasarkan pada berbagai permasalahan yang ada di Desa sehingga diharapkan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nantinya benar-benar berjalan efektif untuk menanggulangi permasalahan di masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan pemenuhan kebutuhan hak-hak dasar masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan" terangnya.

Sementara perwakilan dari Kecamatan, Muhzar mengatakan "kalau melihat daftar usulan dari hasil Musdus terdapat sekitar 270 item usulan masyarakat, tentu tidak semua usulan ini dapat dibiayai dengan anggaran yang tersedia. Meskipun jumlah anggaran besar mencapai 2 M lebih, tapi semuanya dibiayai dari anggaran tersebut mulai dari siltap Kades dan Perangkat Desa, tunjangan BPD sampai insentif RT dan kader Posyandu. Oleh karena itu perlu menentukan prioritas pembangunan berdasarkan tingkat kebutuhan dan jumlah penerima manfaat dari pembangunan yang direncanakan" terangnya.

Acara musdes kemudian dilanjutkan dengan penyampaian usulan dari peserta rapat. Adapun hasil dari musdes ini dijadikan sebagai dasar penyusunan RKP Desa Tahun 2018 dalam bentuk Peraturan Desa sebagai dasar penyusunan APB Desa Tahun Anggaran 2018.

Dokumen Lampiran : PEMERINTAH DESA PENDUA GELAR MUSYAWARAH PENYUSUNAN RKP DESA TAHUN 2018


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar