Potensi Wisata

admin 25 Oktober 2016 02:05:46 WIB

Lombok utara merupakan daerah yang terkenal dengan alam yang menyimpan potensi besar sebagai objek wisata, jenisnya pun beragam, ada air terjun, desa adat, bangunan bersejarah, dan tidak ketinggalan pantai-pantai yang eksotis. Dari sekian banyak wisata alam yang ada di  Lombok Utara, destinasi wisata terjun bambu mungkin pas untuk mengisi liburan anda. Terjun ini merupakan kategori terjun baru yang ada di Kabupaten Lombok Utara, tepatnya di Dusun Lokok Bata Desa Pendua yang belum diketahui oleh banyak orang. Saat ini, Terjun bambu ini tengah dikembangkan oleh Karang Taruna Tuget Karya bersama Pokdarwis Desa Pendua sebagai potensi wisata Desa Pendua.

Air Terjun Bambu merupakan air terjun baru yang belum banyak diketahui orang dan memang satu-satunya  air terjun yang ada di Desa Pendua , akan tetapi air terjun  bambu ini  memiliki keindahan tersendiri dibandingkan dengan air terjun lain yang ada di Lombok Utara. Terjun ini awalnya di sebut terjun Lokok Beru karena memang aliran air terjun ini berasal dari Lokok Beru, akan tetapi terjun ini disebut “Air Terjun Bambu” karena pada saat itu Wakil Bupati Kabupaten Lombok Utara Syaripudin, S. H melakukan kunjungan ke terjun ini, setelah melihat sekeliling terjun banyak Pohon Bambu, beliaupun memberi saran kepada Karang Taruna Desa Pendua agar terjun ini dinamakan Air Terjun Bambu dan diupayakan secepatnya membentuk Pokdarwis Desa Pendua.

Terjun bambu ini memiliki ketinggian ± 35 M yang di apit oleh dua jurang yang tinggi dan dikelilingi oleh pepohonan hijau dan batu-batu besar yang mungkin belum pernah anda lihat ditepat lain, dibawahnya terdapat aliran sungai yang jernih dan masih alami. Untuk akses menuju terjun tidak terlalu jauh, anda hanya perlu jalan kaki sekitar ± 100 M dengan jalanan menurun anda sudah bisa melihat curahan air terjun yang mengalir deras, ditambah dengan keindahan alam yang sangat mempesona dengan udara yang sejuk. Saat dalam berjalan menuju terjun anda dimanjakan dengan pemandangan yang indah dengan pepohonan hijau yang masih alami dan belum tersentuh oleh tangan jahil yang membuat anda merasa nyaman berada di lokasi terjun, anda juga bisa melihat aliran sungai yang besar menuju Pantai  yang diapit oleh dua tebing menjulang tinggi yang di hiasi oleh pohon-pohon besar nan hijau.

Seperti yang dikatakan yogik pemuda 22 tahun asal Dasan Agung, Mataram ini, dia mengatakan bahwa terjun bambu tesebut memiliki keindahan yang sangat menarik dan sangat cocok untuk mengisi liburan di akhir pekan kita “ suasana seperti ini membuat saya ingin berlama-lama untuk menikmati  panorama alam yang sangat indah” ungkap Yogik saat berkunjung ke air terjun.

Lokasi dan alamat air terjun bambu

Air terjun bambu ini berlokasi di Desa Pendua, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa tenggara Barat. Berjarak 60 Km dari kota Mataram dengan waktu tempuh 2 jam menggunakan sepeda motor atau mobil.

Rute menuju terjun Bambu

Kalau anda ingin berwisata ke air terjun bambu, dari arah kota Mataram anda menuju ke jalur Gunung Sari – Pusuk - Kayangan. Saat anda tiba di Kecamatan Kayangan ada dua alternatif jalur yang bisa anda lewati, yakni dari Jalur pertigaan Desa Kayangan belok kanan menuju jalur Santong, setelah tiba di pertigaan Desa Sesait anda belok kanan menuju jalur Desa Pendua dengan jarak sekitar 2 Km, setelah sampai di Kantor Desa Pendua selanjutnya anda menuju ke Dusun Lokok Bata, nantinya disana ada plang yang bisa menunjukan anda ke lokasi  air terjun bambu. Alternatif kedua, yakni melalui jalan Lingkar Sidutan Sesait, bisa dikatakan ini rute yang paling mudah, saat anda tiba di perbatasan Kecamatan Gangga dengan Kayangan, yakni di pertigaan Dusun Sidutan Desa Kayanagan anda belok kanan dan lurus sampai ke Desa Pendua, jarak dari pertigaan Dusun Sidutan tersebut sekitar  ± 4 Km, setelah sampai di pertigaan Desa Pendua anda hanya lurus dan nanti anda bisa menemukan plang yang menunjukan anda ke lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk da parkir ke air terjun bambu  

Untuk anda yang sudah memiliki rencan untuk berwisata ke air terjun bambuini, anda tidak perlu khwatir karena saat ini tidak ada tiket masuk dan parkir alias gratis untuk pengunjung yang datang, karena tempat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum dijadikan tempat wisata oleh pemerintah daerah setempat.

Kuliner yang ada di air terjun bambu

Dikarenakan tempat ini dalam tahap pengembangan dan pengunjung belum ramai, maka belum disediakan tempat makan dan warung-warung yang menyediakan kuliner di area terjun, namun jangan khawatir karena Desa Pendua ini memiliki tempat budidaya ikan air tawar yang bisa anda kunjungi, tidak jauh dari lokasi wisata yakni di Dusun Sentul Asli,  karena disana disediakan ikan segar yang bisa anda beli untuk dimasak di rumah anda. Tidak hanya ikan segar saja anda juga bisa mengunjungi dan membeli langsung tanaman Holtikultura yang masih segar dari petani langsung dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di pasar. Karena memnag Desa Pendua merupakan Desa yang memiliki Potensi di sektor pertanian holtikultura.

Hotel terdekat di air terjun bambu

Belum ada hotel atau penginapan di area terjun ini, namun jika anda sudah berencana untuk menginap anda bisa menyewa rumah warga di kampung sekitar terjun bambu ini, untuk biaya penginapan anda bisa tawar menawar dengan warga atau bisa mengubungi Karang Taruna Desa Pendua untuk memfasilitasi anda saat berkunjung dan menginap.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar