Profil Politik Desa

admin 21 Oktober 2016 07:39:52 WIB

Keadaan Politik Desa

Perubahan dinamika dan sistem politik di Indonesia yang lebih demokratis memberikan pengaruh kepada masyarakat Desa Pendua dalam menerapkan mekanisme politik yang dipandang lebih demokratis. Kondisi ini memberikan kesempatan, kebebasan dan hak bagi seluruh masyarakat Desa Pendua baik laki-laki maupun perempuan untuk terlibat dan berpartisipasi dalam politik. Oleh karena itu, siapa saja dan dari latar belakang apapun yang merasa mampu dapat menjadi calon Kepala Desa selama memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dalam perundang-undangan yang berlaku.

Pemilihan Kepala Desa terakhir dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2015 dengan tingkat partisipasi masyarakat Desa yang sangat tinggi. Tercatat jumlah hak pilih sebanyak ….. pemilih, dari jumlah itu sebanyak …… orang menggunakan hak pilihnya.

Selanjutnya pada tanggal 9 Desember 2015, masyarakat Desa Pendua juga terlibat dalam demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lombok Utara. Saat itu jumlah pemilih sebanyak …… yang mempunyai hak pilih dan sebanyak ….. yang menggunakan hak pilihnya.

Dalam setiap pelaksanaan demokrasi baik Pemilihan Kepala Desa, Kepala Daerah sampai Pemilihan Presiden, partisipasi masyarakat Desa Pendua cukup tinggi. Setiap orang dapat menggunakan hak pilihnya dan menentukan pilihan tanpa ada paksaan dan tekanan dari siapapun sehingga proses demokrasi berjalan dengan aman dan lancar. Setelah pemilihan, situasi kembali berjalan dengan normal, masyarakat tidak terbagi-bagi dalam kelompok-kelompok pilihannya. Hal ini terbukti, kehidupan tolong menolong dan gotong royong di Desa Pendua tetap berjalan dengan baik.

Pola kepemimpinan di Desa Pendua juga tetap berpegang pada asas demokrasi. Pengambilan keputusan dan kebijakan oleh Kepala Desa dilakukan dengan mekanisme musyawarah mufakat yaitu dengan melibatkan pertimbangan dari masyarakat yang diwadahi oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dengan demikian terlihat bahwa pola kepemimpinan di Desa Pendua mengedepankan pola kepemimpinan yang demokratis.

Berdasarkan deskripsi dan fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa Desa Pendua memiliki dinamika Politik yang baik. Hal ini terlihat baik dari segi pola kepemimpinan, mekanisme pemilihan, sampai dengan partisipasi masyarakat dalam menjalankan sistem demokrasi di Desa Pendua.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar