Profil Sosial Budaya Desa

admin 21 Oktober 2016 07:37:28 WIB

Keadaan Sosial Budaya

Sebagai desa pemekaran dari Desa Sesait, Desa Pendua masih termasuk dalam wilayah “Wet Adat Sesait” sehingga masyarakat Desa Pendua masih kuat dan kental akan budaya dan adat istiadat desa Sesait.

Dari latar belakang budaya, kita bisa melihat aspek budaya memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Dalam hubungannya dengan agama yang dianut misalnya, Islam sebagai agama yang mayoritas dianut oleh masyarakat Desa Pendua, dalam menjalankannya sangat kental dengan tadisi budaya Sesait. Hal ini menjelaskan mengapa peringatan-peringatan keagamaan yang ada di masyarakat dalam menjalankannya muncul nuansa tradisinya. Contoh yang bisa kita lihat adalah dalam peringatan “Maulid Nabi Muhammad Saw”, dalam memperingatinya dilaksanakan secara adat yang disebut dengan Maulid Adat Wet Sesait. Pelaksanaanya pun dijalankan sesuai tradisi masyarakat Sesait dan disertai dengan doa-doa dalam agama Islam.

Secara individual dalam keluarga masyarakat Desa Pendua, budaya dan adat istiadat Sesait dipadu dengan agama Islam juga masih tetap dipegang. Budaya ini dilakukan di samping sebagai kepercayaan yang masih diyakini, juga sebagai bagian cara bersosialisasi dan berinterkasi di masyarakat. Misalkan tradisi mengirim doa untuk orang tua atau keluarga dengan mengundang tetangga dan kerabat yang biasanya dilakukan mulai dari malam ke satu sampai malam ke Sembilan keluarga yang meninggal, yang disebut Tahlilan. Selanjutnya melakukan acara selamatan pada hari ke Sembilan keluarga yang meninggal, disebut Nyiwaq. Selanjutnya selamatan pada hari ke seratus keluarga yang meninggal, yang disebut dengan Nyatus.

Kegiatan tradisi yang masih dilakukan oleh masyarakat Desa Pendua yang lainnya seperti Buang Au, yaitu acara selamatan sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas dikarunai anak sekaligus acara pemberian nama bagi anak. Acara selamatan setelah masa panen sebagai ucapan syukur terutama para petani atas karunia dan berkah yang diterima, yang disebut Rowah Pare. Selain itu, masyarakat Desa Pendua juga masih kuat berpegang pada hari-hari baik memulai acara/kegiatan menurut penanggalan leluhur.

Selain budaya dan tradisi tersebut, di Desa Pendua juga terdapat alat-alat kesenian tradisional antara lain Gendang Beleq, Kecodak dan Kecimol.

Adapun Kesenian trdadisional yang terdapat di Desa Pendua sebagai berikut :

No

Kesenian

Lokasi

jumlah

1

Gendang Beleq

Pendua lauk

1

2

Gendang Beleq

Lokok Setangi

1

3

Kecimol

Sentul

1

4

Kecimol

Lokok Bata

1

5

Kecodaq

Pendua Lauk

1

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar