Profil Ekonomi Desa

admin 21 Oktober 2016 07:27:09 WIB

1. Potensi Unggulan Desa

Kegiatan ekonomi Desa Pendua selama ini masih didominasi sektor pertanian dan peternakan, hal ini mengingat luas lahan pertanian Desa Pendua yang cukup luas. Sekitar 80% masyarakat masih menggantungkan nasibnya pada sector ini. Sebagai Desa yang mempunyai lahan pertanian yang luas, Desa Pendua sebenarnya berpotensi sebagai pemasok hasil-hasil pertanian. Namun, potensi ini tidak dukung oleh sumber daya air yang cukup, infrastruktur jalan dan jaringan irigasi yang memadai. Kondisi ini secara lansung berpengaruh pada penghasilan masyarakat Desa Pendua. Akibatnya tingkat pendapatan masyarakat belum sepenuhnya mencukupi kebutuhan hidup, karena harga jual hasil panen tidak sebanding dengan penghasilan yang diperoleh.

2. Pertumbuhan Ekonomi Desa

Pertumbuhan perekonomian Desa Pendua dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Hal ini dipengaruhi oleh sikap masyarakat yang tidak lagi sepenuhnya bergantung pada sektor pertanian sebagai pekerjaan. Sebagian masyarakat mulai tertarik pada sektor Industri seperti Industri bata, batako dan tahu.

Selain itu, masyarakat Desa Pendua juga lebih tertarik dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Luar negeri. Penghasilan yang diperoleh para TKI selain untuk membangun rumah, juga banyak dimanfaatkan untuk modal usaha. Hal ini turut memberikan pengaruh pada tingkat ekonomi secara menyeluruh di Desa Pendua.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Desa Pendua

Lokasi Pendua

tampilkan dalam peta lebih besar